oleh

Jamnas XI, Ini Harapan Kwarcab di Kalteng

Perlunya Keseragaman Kontingen

CIBUBUR, inikalteng.com – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah (Kwarda Kalteng) diharapkan untuk dapat terus membina dan mendukung seluruh Kwartir Cabang (Kwarcab) di Kalteng. Sehingga ada motivasi bagi Kwarcab melaksanakan berbagai kegiatan pembinaan, baik untuk golongan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega sampai orang dewasa.

Harapan itu disampaikan Kak Edy Purwanto MAP selaku Ketua Kwarcab Pulang Pisau (Pulpis) saat ditemui usai mengikuti acara Penutupan Jambore Nasional (Jamnas) XI di Lapangan Utama Buper Cibubur, Jakarta, Sabtu (20/8/2022) sore.

Baca Juga :  Dukung Percepatan Herd Immunity, Pramuka Kalteng Diminta Tetap Patuhi Prokes
Foto: Zainal

“Ini harapan kami dari Kwarcab, tidak hanya Kwarcab Pulang Pisau saja tapi juga Kwarcab se-Kalimantan Tengah. Kalau bisa, ada imbauan dari Ketua Kwarda maupun Ketua Mabida untuk semua Bupati dan Wali Kota agar mengalokasikan pendanaan bagi Gerakan Pramuka di daerahnya. Sehingga tidak ada lagi alasan bagi Kwarcab tidak mengikuti kegiatan, karena sudah teralokasi anggarannya,” kata Edy Purwanto.

Khusus untuk Kwarcab Pulpis, diungkapkannya, walaupun kondisi keuangan tergolong kecil, tapi pihaknya tetap memberangkatkan Pramuka Penggalang untuk mengikuti Jamnas tahun 2022 ini. “Kami tetap berupaya agar anak-anak didik kami tetap bersemangat dan tetap eksis dalam mempersiapkan maupun mengikuti kegiatan Jamnas ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Kwarda Kalteng Gelar Lokakarya Penilaian Kwartir dan Gudep Tergiat

Untuk ke depan, dia mengharapkan kepada Pemkab Pulpis, agar dapat lebih memperhatikan Gerakan Pramuka di daerah setempat, salah satunya dengan mengalokasikan dana hibah untuk kegiatan kepramukaan. Hal ini sangat diharapkan oleh Kwarcab Pulpis, sehingga semua kegiatan baik dari mulai persiapan sampai mengikuti kegiatan bisa betul-betul maksimal. Semua tingkatan baik untuk anak-anak didik hingga orang dewasa bisa diikutsertakan.

Baca Juga :  Pemko Minta Bantuan Pusat Bangun Jembatan Menuju Rakumpit

Di bagian lain, Edy Purwanto juga berharap, jika ke depan kontingen Kwarcab se-Kalteng mengikuti kegiatan nasional, agar ada keseragaman. Minimal keseragaman kaos dan jaket kontingen, sehingga kontingen semua Kwarcab yang notabene kontingen Kwarda Kalteng tampak lebih kompak dan lebih mudah untuk mengenalinya. “Tidak seperti Jamnas kali ini, kontingen kita dari Kalteng tidak seragam warna pakaian kontingennya, tergantung dari selera asal Kwarcab masing-masing. Mudahan ke depan hal ini bisa diperhatikan,” harap Edy Purwanto. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA