oleh

Jambore Guru se-Kalteng Dijadwalkan Mulai 5 Maret

PALANGKA RAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng, dalam waktu dekat akan menggelar pertemuan besar para tenaga pendidik se-Kalteng. Kegiatan di alam terbuka yang diberi nama Jambore Guru 2020 ini, dijadwalkan pada tanggal 5, 6 dan 7 Maret 2020, bertempat di Bumi Perkemahan Kambariat Tuah Pahoe, Kecamatan Sebangau, Kota Palangka Raya.

Plt Kepala Disdik Kalteng, Dr Mofit Saptono menjelaskan, Jambore Guru ini dilaksanakan sebagai bentuk kegiatan yang secara umum menjawab visi dan misi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, yakni Merdeka Belajar, SDM Guru Unggul.

Baca Juga :  Pemerintah Daerah Didorong Perlunya Sosialisasi Penggunaan Medsos

“Ada perubahan-perubahan mendasar oleh Mendikbud sekarang ini. Di mana mulai tahun 2021 nanti sistem evaluasi yang ditujukan kepada anak-anak didik, menjadi kewenangan Mendikbud,” jelas Mofit kepada inikalteng.com di Palangka Raya, Jumat (14/2/2020).

Sistem evaluasi itu, jelasnya, perubahan dari Ujian Nasional (UN) menjadi Uji Kompetensi Minimal (UKM) siswa. UKM ini dilakukan di kelas 4, 7 dan 11. Hal itu berarti, UN akan digantikan dengan sistem yang mengedepankan evaluasi terhadap kompetensi nomerik, kompetensi literasi dan survey atau tes kompetensi karakter.

Baca Juga :  Guntur Talajan Jabat Ketua Umum KWOD Kalteng

“Nah, di sinilah letaknya Pramuka. Karena sudah tegas dikatakan bahwa salah satu wadah untuk membentuk karakter anak di sekolah yaitu melalui kegiatan Pramuka. Sehingga di tahun 2020 ini, Disdik Kalteng atas arahan Gubernur Kalteng, membuat kegiatan Jambore Guru se-Kalimantan Tengah,” katanya.

Sedangkan tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Membumikan Pramuka di Bumi Tambun Bungai Menuju Merdeka Belajar Kalteng Berkah”.

Baca Juga :  Pokja PAUD Kabupaten Mura 2021 Dikukuhkan

“Kita berharap, kalau kita ingin membentuk karakter siswa selaku peserta didik melalui Pramuka, maka guru-gurunya harus tahu tentang Pramuka,” terang Mofit Saptono.

Diketahui, sebelumnya Jambore Guru ini dijadwalkan pada 20-23 Februari 2020. Namun karena banyak pihak terkait sedang sibuk, kegiatan ini terpaksa dimundurkan menjadi tanggal 5, 6 dan 7 Maret 2020.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA