oleh

Jalan Layang Senilai Rp300 Miliar di Kobar Segera Diresmikan

PALANGKA RAYA – Bila tidak ada halangan, rencananya pile slab atau jalan layang di ruas Pangkalan Bun – Kotawaringin Lama (Kolam), Kabupaten Kotawaringin Barat, akan diresmikan, Sabtu (15/2/2020).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Shalahuddin mengatakan, persiapan peresmian jalan layang tersebut sudah dilakukan.

“Jalan layang Pangkalan Bun – Kolam ini rencanannya akan diresmikan oleh Bapak Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran,” kata Shalahuddin saat ditemui di Aula Jaya Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Rabu (12/2/2020).

Baca Juga :  Sektor Pertanian di Kota Palangka Raya Perlu Dikembangkan

Ia menjelaskan, pembangunan jalan layang dilakukan selama dua tahun, mulai 2018-2019. Jalan layang sepanjang tiga kilometer ini menelan anggaran kurang lebih Rp300 miliar. “Namun untuk pembayaran akan dilakukan hingga tahun 2020,” jelasnya.

Baca Juga :  Rektor Lakukan Ujian Terbuka Doktoral Menggunakan Sistem Daring

Keberadaan jalan layang ini sangat vital. Pasalnya dapat mempelancar arus lalu lintas ke Kabupaten Sukamara maupun ke Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) dari Kotawaringin Barat, Kalteng.

“Sebelum jalan layang ini dibangun, masyarakat sering kesulitan melintasi ruas jalan terutama saat musim hujan. Jalan tersebut tergenang air. Saat ruas jalan Pangkalan Bun-Kolam terendam banjir, sehingga masyarakat dari Sukamara ke Pangkalan Bun atau sebaliknya harus melalui Simpang Runtu,” jelasnya.

Baca Juga :  Rumah Singa Ngenuh Dijadikan Cagar Budaya

Dengan dioperasikannya jalan layang ini, tambah Kepala Dinas PUPR, maka jarak tempuh dari Pangkalan Bun – Kola -Sukamara atau sebaliknya tersebut hanya sekitar 80 kilometer. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA