oleh

Jadilah Pahlawan Masa Kini

SAMPIT – Upacara Hari Pahlawan ke-74 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur (Pemkab Kotim), dilaksanakan sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55, Hari Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74, Hari Menanam Pohon Indonesia dan Hari Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-46 tahun 2019.

Upacara gabungan ini dilaksanakan pada Senin, 11 Nopember 2019, bertempat di Halaman Kantor Bupati Kotim di Sampit.

Upacara tersebut dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Kotim, anggota DPRD, jajaran SOPD, TNI, Polri, Kejaksaan, Pengadilan, Veteran, pemuda, pelajar dan peserta undangan lainnya.

Bupati Kotim H Supian Hadi, dalam sambutannya mengatakan, upacara gabungan ini sebagai wujud efisiensi dan efektivitas menjadi satu pelaksanaan upacara. Namun, janganlah dianggap sebagai suatu formalitas belaka.

Baca Juga :  Penemuan Mayat Gegerkan Warga Ujung Pandaran

“Justru upacara gabungan ini sebagai momentum bagi kita untuk mengoptimalkan kinerja dan profesionalitas dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat,” katanya.

Mengutip amanat Menteri Sosial RI dalam amanat sambutannya, Supian Hadi mengatakan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja. Namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negara ini. Daya juang, persatuan serta pantang menyerah para pahlawan dan pejuang kemerdekaan tersebut hendaknya perlu terus ditumbuhkembangkan dalam hati sanubari segenap insan penerus bangsa.

Baca Juga :  420 Atlet Wartawan Berlaga di Porwada 2019

Selain itu, lewat momentum Peringatan Hari Pahlawan ini, mari kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana  tema Peringatan Hari Pahlawan tahun 2019 ”Aku Pahlawan Masa Kini”.

“Menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun warga negara Indonesia dalam bentu aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI. Seperti menolong sesama, tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain, berprestasi di berbagai bidang kehidupan, serta menjadi pioneer perbaikan dan membawa harum nama bangsa di mata internasional,” jelas Supian Hadi.

Baca Juga :  DTPHP Kalteng Tinjau PTP UPR

Sementara itu, pada hari yang sama Upacara Tabur Bunga Memperingati Hari Pahlawan ke-74 di Kabupaten Kotim, dilaksanakan di Pelabuhan penumpang Pelindo III Sampit.

Upacara ini dipimpin Wakapolres Kotim dihadiri Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri dan jajaran Pemkab Kotim, Ibu-ibu Persit dan Ibu-ibu Bhayangkari.

Tabur bunga dilakukan ke perairan sungai Mentaya Sampit, yang dimaksudkan untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam mempertahankan kemerdekaan.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA