oleh

Ivo Sugianto Sabran : Masyarakat Berperan Dukung Kesembuhan Pasien ODGJ

SUKAMARA, inikalteng.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalteng Ivo Sugianto Sabran menegaskan, masyarakat sangat berperan dalam mendukung kesembuhan pasien Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Pernyataan tersebut, disampaikan Ivo Sugianto Sabran saat mengunjungi Puskesmas Pelayanan Kesehatan Jiwa untuk pasien ODGJ Sukamara, Rabu (13/10/2021).

Baca Juga :  Wabup Lamandau Apresiasi Penetapan Hari Batik Nasional

Dijelaskan, ODGJ kerap menerima diskriminasi dari masyarakat karena dianggap berperilaku menyimpang. ODGJ mengalami gangguan kejiwaan yang menyebabkan perubahan pada cara berpikir, perasaan, emosi, hingga perilaku sehari-hari. Gejala yang dialami ODGJ, juga bisa membuat sulit berinteraksi dengan orang lain.

Baca Juga :  Penggunaan SILPA APBD Kotim Harus Sesuai Aturan

Tidak itu saja, Puskesmas Pelayanan Kesehatan ODGJ merupakan pelayanan kesehatan jiwa untuk ODGJ oleh tim RSJ Kalawa Atei bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Sukamara. Terdapat 30 pasien ODGJ di Puskesmas tersebut.

“Saya harapkan partisipasi setiap lapisan masyarakat guna mendukung kesembuhan pasien ODGJ. Saya meminta kepada setiap lapisan masyarakat untuk dapat merespon cepat setiap masalah kesehatan yang terjadi, dan segera melaporkannya ke Pelayanan Kesehatan terdekat,” pungkasnya. (MMC Kalteng/red2)

Baca Juga :  PBS Diingatkan Wajib Bangun Kolam Limbah Sesuai Standar Pemerintah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA