oleh

Ini Peta Analisis Curah Hujan Desember Dasarian II

PALANGKA RAYA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palangka Raya, Stasiun Meteorologi (Stamet) Tjilik Riwut, memprakirakan, analisis curah hujan sebagian besar wilayah Kalteng pada Desember 2019 Dasarian II secara umum berada pada kriteria menengah (50 sampai dengan 150 mm).

Berdasarkan rilis yang diterima inikalteng.com, dari BMKG Palangka Raya, Stamet Tjilik Riwut, Minggu (22/12/2019), sementara untuk beberapa wilayah di Kalteng berada pada kriteria tinggi dengan curah hujan antara 150 sampai dengan 200 mm.

Baca Juga :  Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Kalteng Kembali Bertambah

Wilayah-wilayah dimaksud, seperti Barito Timur bagian utara dan timur, Barito Selatan bagian utara, Kapuas bagian utara, Gunung Mas bagian selatan, Palangka Raya bagian selatan, Katingan bagian utara, sebagian kecil wilayah Kotim bagian tengah, serta Sukamara bagian selatan dan barat.
Sedangkan untuk peta analisis sifat hujan pada Desember 2019 Dasarian II, diprakirakan sebagian besar wilayah Kalteng secara umum berada pada kriteria normal dengan curah hujan antara 85 sampai dengan lebih dari 115 persen dibandingkan dengan curah hujan normal, hingga atas normal antara 116 sampai dengan lebih dari 200 persen dibandingkan dengan curah hujan normal.

Baca Juga :  Masyarakat Diimbau Laksanakan PSBB dengan Disiplin

Kemudian untuk sebagian kecil wilayah Barito Selatan bagian utara, sebagian kecil wilayah Katingan bagian selatan, Kotim bagian selatan, Seruyan bagian selatan, dan Kobar bagian selatan, memiliki sifat hujan dengan kriteria bawah normal antara 0 sampai dengan 84 persen dibandingkan curah hujan normal.

Selanjutnya untuk peta monitoring hari tanpa hujan (HTH) terbaru Desember 2019 Dasarian II, pada 20 Desember 2019, BMKG memprakirakan sebagian besar wilayah Kalteng secara umum mengalami HTH dengan kriteria sangat pendek, dan beberapa daerah masih mengalami hujan. (red)

Baca Juga :  Kafilah Dusel Kembali Raih Juara Umum MTQ Barsel

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA