oleh

Ini Data Sebaran Kasus Covid-19 di Kalteng

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran melalui Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, dalam Rapat Antisipasi Penyebaran Covid-19 menyampaikan data sebaran kasus Covid-19 di Bumi Tambun Bungai.

Bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Jumat (9/4/2021), disebutkan perkembangan kasus Covid-19 di Kalteng sampai dengan 8 April 2021 masih cenderung mengalami peningkatan. Kasus terkonfirmasi positif sebanyak 17.894 kasus, sembuh 15.640 kasus, meninggal 450 orang, dan yang masih dirawat sebanyak 1.804 orang.

Jika dibanding angka nasional, kasus konfirmasi Kalteng berkontribusi 1,15 persen, prosentase yang dirawat lebih tinggi, prosentase kesembuhan lebih rendah, dan prosentase kematian di Kalteng lebih rendah dari nasional. Meski demikian, kasus kematian hampir terjadi setiap hari, sehingga membuat perhatian tersendiri.

Baca Juga :  Ratusan APK di Barut Diturunkan
Fahrizal Fitri

Kemudian dilihat perkembangannya dalam tujuh hari terakhir, terlihat bahwa tren kasus aktif Covid-19 di Kalteng secara provinsi cenderung mengalami penurunan, dari 10,93 persen ke 10,08 persen. Tetapi di Palangka Raya, Kabupaten Barito Timur, Barito Utara, dan Katingan, masih mengalami peningkatan. Tren kesembuhan secara provinsi juga mengalami peningkatan, dari 86,59 persen ke 87,40 persen.

Baca Juga :  180.747 KK Terima BLT dari Pemprov Kalteng

“Tetapi di Palangka Raya, Barito Selatan, Katingan, dan Barito Timur mengalami penurunan kesembuhan. Hal yang memprihatinkan, yaitu tren kematian yang mengalami peningkatan dari 2,48 persen ke 2,51 persen. Sedangkan peningkatan tren kematian, yaitu di Kabupaten Katingan, Kapuas, Kotawaringin Timur, Sukamara, Kotawaringin Barat, Barito Timur, dan Lamandau,” ucap Fahrizal Fitri membacakan sambutan Gubernur.

Lebih lanjut disebutkan, jika dilihat berdasarkan kecamatan, desa dan kelurahan, penyebaran kasus aktif Covid-19 di Kalteng berada pada 76 kecamatan atau 55,88 persen dari jumlah kecamatan yang ada. Selain itu, terdapat pada 188 desa dan kelurahan atau 11,93 persen dari jumlah desa dan kelurahan di Kalteng.

Baca Juga :  Pemkab Barut Siap Sukseskan Pembangunan Nasional

“Dengan penerapan PPKM Mikro di Kalteng, Satgas Kabupaten dan Kota sudah dapat memetakan lebih detail lagi sebaran kasus aktif Covid-19, sampai pada tingkat Rukun Tetangga (RT). Berdasarkan data yang diterima Satgas Kalteng, pada 8 April 2021, sebanyak 8 RT berada pada Zona Merah, 11 RT Zona Oranye, dan 616 RT Zona Kuning,” pungkas Fahrizal Fitri. (MMC Kalteng/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA