oleh

Hp Meledak, Satu Rumah di Kasongan Ludes Terbakar

KASONGAN, inikalteng.com – Keheningan malam di Jalan Danau Darat, Kelurahan Kasongan Lama, Kabupaten Katingan mendadak buyar dengan teriakan minta tolong disertai munculnya kobaran api. Ternyata, satu unit rumah dilalap “si jago merah” pada Minggu (23/6/2024) dini hari.

Pemicu kebakaran itu diduga akibat ledakan handphone (Hp) milik seorang anak yang sedang dicharge di dalam kamar tidurnya.

Api terus membesar hingga membakar rumah beserta isinya. Kobaran api baru dapat dipadamkan ketika sejumlah petugas pemadam kebakaran (damkar) tiba di lokasi kejadian. Diketahui, rumah berkonstruksi kayu milik warga setempat bernama Yoyo.

Baca Juga :  Tunjukkan Rasa Empati, Perwira Resimen WMH Gel. 2 Polda Kalteng Bantu Korban Kebakaran di Palangka Raya
Petugas Damkar dibantu aparat kepolisian dan warga ketika berupaya memadamkan kobaran api di rumah Yoyo, Minggu (23/6/2024) dini hari. (Foto : Dany)

Kapolres Katingan melalui Kapolsek Katingan Hilir, Iptu Affan E Batu Bara SH MH membenarkan adanya satu unit bangunan kayu beserta isinya yang ludes dilalap api.

“Kejadiannya pada Minggu dini hari sekitar pukul 00.00 WIB, satu unit bangunan kayu terbakar dan menghanguskan seluruh isi rumah,” ungkapnya.

Kronologinya, ungkap Kapolsek, anak Yoyo selaku korban mencharge Hp dalam kamar sekitar pukul 23.00 WIB. Namun setelah satu jam, anak korban yang bernama Tirna Wati ini mendengar bunyi ledakan di dalam kamar.  Penasaran, ia lalu melihat ke dalam kamar dan mendapati Hp yang meledak serta api yang mulai membakar spring bed dan perkakas lain yang ada di dalam kamar.

Baca Juga :  Masyarakat Diharapkan Terbuka Jika Terpapar Covid-19

“Korban berupaya memadamkan api dengan mengambil air di dapur. Tetapi api terus membesar. Korban pun berteriak minta bantuan tetangga dan Ketua RT,” tutur Kapolsek.

Namun, api terus berkobar hingga rumah beserta isinya. Akhirnya api berhasil dipadamkan dengan bantuan pemadam kebakaran, piket BPBD serta Anggota Polsek Katingan Hilir sekitar pukul 00.30 WIB.

Baca Juga :  Nadalsyah Tinjau Pembangunan Sejumlah Obyek Wisata

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian material diperkirakan mencapai Rp150 juta.

“Terjadinya kebakaran selain disebabkan faktor alam juga manusia. Diperkirakan salah satu pemicu peristiwa ini adalah kelalaian pemilik rumah di salah satu ruangan asal api,” pungkas Iptu Affan E Batu Bara.

Penulis : Dany
Editor : Zainal

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA