oleh

Hj Sinaryati Harap Masyarakat Responsip Terhadap Bencana Alam

MUARA TEWEH – Anggota DPRD Barito Utara (Barut) Hj Sinaryati, berharap kepada semua lapisan masyarakat dan instansi pemerintah daerah  untuk ikut serta bertanggungjawab dalam penanggulangan bencana banjir. Partisipasi dimaksud, dengan cara meningkatkan sikap responsip dan cepat tanggap sesuai tugas, pokok, dan fungsi (Tupoksi) masing-masing.

“Meningkatkan kapasitas kelembagaan maupun pribadi, serta meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan menghadapi bencana. Selain itu, meningkatkan kepedulian  terhadap kelestarian alam sekitar dan lingkungan,” ujarnya belum lama ini.

Baca Juga :  Gubernur Serahkan Bansos Pendidikan

Dia pun meminta kepada masyarakat, untuk meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan, agar terhindar dari segala macam penyakit yang dapat ditimbulkan dari dampak bencana.

Terlebih bencana banjir merupakan suatu bencana yang menimbulkan pengaruh yang sangat luas pada berbagai sektor, baik sektor sosial, politik maupun ekonomi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan SDM yang handal dengan dilatarbelakangi pengetahuan dan keterampilan terhadap penanggulangan bencana.

Baca Juga :  Manfaatkan Musholla Al-Amanah untuk Shalat Berjamaah

“Upaya pencegahan dan penanggulangan bencana banjir, bukanlah semata-mata hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja. Tetapi juga menjadi tanggung jawab seluruh komponen masyarakat,” tegas srikandi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Sebabnya, masyarakat perlu diberdayakan agar dapat mengantisipasi dan mempunyai kesigapan yang tinggi dalam menghadapi setiap kemungkinan terjadinya bencana alam.

Hj Sinaryati menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk mendayagunakan dan mengelola dengan dengan baik SDA yang ada dengan sebaik-baiknya, agar lingkungan tidak rusak. Kemudian, senantiasa siap manakala bencana itu datang, seperti halnya bencana banjir yang saat ini terjadi di beberapa daerah.

Baca Juga :  BI Kalteng Kembali Gelar Aksi Donor Darah

“Menjaga kesiagaan, keterampilan, dan pengetahuan untuk benar-benar melaksanakan tindakan tanggap darurat dengan cepat, tepat, serta siap diarahkan ke daerah bencana kapan saja. Utamanya untuk menyelamatkan, menolong, dan meringankan beban saudara-saudara kita yang terkena dampak musibah adalah tugas mulia tim penanggulangan bencana,” ungkapnya mengakhiri. (mhd/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA