oleh

Herson B Aden Buka FGD Konsultasi Publik Tahap I

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B Aden, membuka secara resmi Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka Konsultasi Publik Tahap I Penyusunan Grand Design Kalteng 2045.

Herson B Aden saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam kegiatan yang berlangsung di Aula Bappedalitbang Kalteng, Senin (21/3/2022), mengatakan, dalam 20 tahun mendatang dinamika kehidupan sosial, budaya, teknologi, ekonomi, serta politik di tingkat nasional dan global akan menjadi tantangan dan peluang bagi pembangunan Kalteng.

“Peningkatan pengelolaan sumber daya alam secara efisien, efektif, berkelanjutan, peningkatan akumulasi modal sumber daya manusia, modal pengetahuan, modal sosial, modal sumber daya alam dan lingkungan, modal keuangan, modal infrastruktur untuk mewujudkan Kalteng yang maju, serta bahagia dan bermartabat perlu dilakukan secara masif dan terstruktur, untuk merencanakan pembangunan Kalimantan Tengah yang berkelanjutan,” tuturnya.

Baca Juga :  Pengurusan KIA di Disdukcapil Gumas Tanpa Dipungut Biaya

Lebih lanjut disampaikan, melalui transformasi dan akselerasi pembangunan yang mengutamakan basis keunggulan daerah dan konektivitas dengan daerah lain, diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan Kalteng 2045 melalui berkembangnya kerjasama antar negara ASEAN. Meluasnya kerja sama antar negara-negara di Asia dan berkembangnya wilayah Kalimantan sebagai pusat pemerintahan seiring dengan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kaltim.

Pembangunan IKN diharapkan akan menjadi momentum bagi Kalteng dalam meningkatkan standar pelayanan publik, memacu kegiatan produksi dan pengolahan, pengembangan infrastruktur yang maju dan efisien, pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan, sejalan dengan komitmen mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, meningkatkan kerjasama investasi, serta memperluas kemitraan perdagangan antar daerah.

Baca Juga :  Tiga Pilar Bersinergi Semprotkan Disinfektan

Sebagaimana diketahui, sambungnya, Presiden RI telah meluncurkan Visi Indonesia 2045 dengan Visi Indonesia 2045, Indonesia berdaulat, maju, adil, dan makmur. Selain itu Indonesia ditargetkan menjadi lima besar negara ekonomi terkuat dunia, dengan empat pilar yang perlu diperkuat, yakni SDM yang unggul, berbudaya, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selanjutnya pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan, Ketahanan Nasional, dan Tata Kelola Pemerintahan. Sejalan dengan peluncuran Visi Indonesia 2045 dan memenuhi amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017, Pemprov Kalteng sedang menyusun Grand Design Provinsi Kalimantan Tengah yang pembahasannya sudah dimulai sampai dengan saat ini.

Baca Juga :  Kemenag Bartim Belum Izinkan Belajar Tatap Muka

“Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah saya ucapkan terima Kasih kepada Pihak Bappenas, yang dengan serius memfasilitasi Penyusunan Grand Design Kalimantan Tengah 2045, yang proses diskusinya sudah dilakukan sejak dua tahun yang lalu dengan melibatkan berbagai stakeholder yang ada di Kalteng, khususnya Dewan Riset Daerah Kalteng yang diketuai Prof Dr Sulmin Gumiri, dengan menghasilkan pokok-pokok pikiran penyiapan Grand Design Kalteng 2045,” pungkas Herson B Aden. (ka/MMC/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA