oleh

H Sugianto Sabran Mencoba Gunakan GeNose C19

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, untuk pertama kalinya mencoba menggunakan Gajah Mada Elektronik Nose Covid-19 (GeNose C19). GeNose C19 merupakan inovasi Universitas Gadjah Mada (UGM), untuk mendeteksi Covid-19 secara tepat dan akurat.

Uji coba tersebut, dilakukan Gubernur Kalteng, di Istana Isen Mulang, Rabu (21/4/2021). Dengan hanya menggunakan media hembusan nafas, GeNose C19 mampu mendeteksi virus Covid-19 dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 2 menit. Hasil uji profiling GeNose C19, menunjukkan tingkat akurasi 97 persen.

Baca Juga :  Mulai Hari ini, Jalan H Koyem Ditutup Total

Sebelum melakukan uji coba GeNose C19, Gubernur Kalteng bersama Forkopimda menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) terkait pengawasan terhadap perjalanan orang yang masuk ke wilayah Kalteng.

Di mana dalam Rakor itu, Gubernur berharap Polda Kalteng dan Korem 102/Panju Panjung beserta seluruh jajaran, dan juga Perangkat Daerah maupun Instansi terkait, dapat bersama-sama melakukan pengawasan terhadap perjalanan orang yang masuk ke wilayah Kalteng.

Baca Juga :  Pemkab Lamandau Gelar Festival Babukung

Untuk diketahui, sebelumnya pada Senin (19/4/2021), Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo telah melakukan peluncuran GeNose C19, di Halaman Mako Ditsamapta Polda Kalteng.

Saat peluncuran tersebut, Dedi Prasetyo, mengungkapkan, penggunaan GeNose C19 bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memitigasi Covid-19 yang ada di wilayah Kalteng.

Baca Juga :  Sambut Nataru, Dinas PUPR Bangun 16 Posko Siaga

“Setelah dilakukan uji coba, hasilnya nanti akan saya laporkan ke Bapak Gubernur Kalteng. Kami juga akan menerapkan penggunaan GeNose C19 khusus di beberapa Bandara, baik bandara yang ada di Palangka Raya, Kabupaten Kotawaringin Barat, dan Kabupaten Kotawaringin Timur,” pungkasnya. (MMC Kalteng/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA