oleh

Gubernur Kalteng Sebut HPN Sebagai Perwujudan Kebebasan Pers

PURUK CAHU, inikalteng.com – Malam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2022 di Kota Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya (Mura) dilaksanakan Minggu (26/6/2022) malam, di Gedung Pertemuan Umum Tira Tangka Balang.

Adapun Tema HPN tingkat Provinsi Kalteng 2022 ”Mura Emas-Kalteng Berkah, Mewujudkan Pers Sehat di Tengah Konvergensi Media”.

Nampak hadir Gubernur Kalteng diwakili Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng Agus Siswadi, Bupati Mura Perdie M Yoseph, Ketua DPRD Mura Doni, Forkompimda Mura, Sekda Mura Hermon serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Kab. Murung Raya terkait.

Baca Juga :  Masyarakat Palangka Raya Antusias Dibukanya Kembali Area CFD

Turut hadir Ketua Umum PWI Pusat H Atal S Depari, Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia Hj Indah Kirana, Ketua Umum PWI Kalsel Zainal Helmi, serta insan pers se Kalteng.

Gubernur Kalteng dalam sambutan tertulis dibacakan Kadiskominfosantik menyampaikan, perayaan puncak HPN mempunyai makna tersendiri bagi kalangan pers, khususnya di Kalteng dan seluruh Indonesia pada umumnya.

HPN dijadikan sebagai bahan refleksi diri dan introspeksi sebagai perwujudan kebebasan pers. Bukan kegembiraan yang berlebihan, tetapi lebih kepada sarana renungan perjalanan pers hingga sekarang. Tidak bisa dipungkiri, pers mempunyai peranan penting dalam pembangunan Indonesia.

Baca Juga :  Babinsa Bersama Warga Selat Kapuas Gotong Royong Bersihkan Parit

Kemudian disebutkan, sejarah mencatatkan perjuangan pers Indonesia sejak jaman penjajahan, revolusi, orde lama, orde baru hingga reformasi. Semua perjalanan bangsa Indonesia terdokumentasi dalam catatan pers baik yang diterbitkan melalui media cetak, maupun disiarkan melalui media radio atau televisi.

“Dengan dasar itu, saya berharap pers dapat menjalankan fungsinya yaitu: Penyebar informasi yang obyektif dan edukatif, Melakukan kontrol sosial yang konstruktif, dan Menyalurkan aspirasi rakyat dan memperluas komunikasi dan partisipasi masyarakat,” kata Gubernur Kalteng.

Baca Juga :  280 Pemuda Barut dan Mura Ikuti Seleksi Cata TNI

Sementara itu, Penanggung Jawab HPN selaku Ketua Umum PWI Kalteng Haris Sadikin dalam laporannya mengatakan, rangkaian HPN ini sudah terlaksana sejak bulan Januari. Dimulai dari safari jurnalistik ke sekolah-sekolah bahkan sampai ke pelosok-pelosok yang ada di Kabupaten Mura.

Selain safari jurnalistik, ada berbagai kegiatan seperti lomba vlog, sunatan massal, senam massal, vaksinasi. Untuk peserta vaksinasi ada pembagian minyak goreng gratis bagi yang sudah melakukan vaksinasi. Kemudian Uji Kompetensi Wartawan yang ke XVII PWI Provinsi Kalteng. (dy/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA