oleh

Gubernur Kalteng Safari Meninjau Lokasi Pembangunan dan Pengembangan Food Estate

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran didampingi Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo dan Danrem 102/PJG Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, melakukan safari kunjungan kerja (Kunker) untuk meninjau lokasi pembangunan dan pengembangan Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau, Kapuas, dan Gunung Mas, Selasa (2/2/2021).

Pertama, Kunker orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai bersama Forkopimda ini, dilakukan di Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. Tiba menggunakan helikopter, dan mendarat di helipad Desa Gadabung, Gubernur beserta rombongan disambut Wakil Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang dan Forkopimda setempat.

Usai penyambutan, Gubernur beserta rombongan langsung meninjau lokasi tanaman padi yang siap panen, di hamparan lokasi food estate hingga ke lokasi lainnya, kemudian duduk di saung untuk melakukan diskusi dan koordinasi.

Baca Juga :  Petani Dipersilahkan Pinjam Alsintan di DKPP Seruyan

“Kami bersama Pak Kapolda dan Pak Danrem, kembali meninjau lokasi food estate untuk melakukan berbagai peningkatan dan perkuatan dalam membangun lumbung pangan nasional. Kita terus meningkatkan dan menguatkan upaya-upaya untuk menyukseskan program nasional food estate ini,” tutur Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran.

Di sela-sela peninjauannya, Gubernur sempat berbincang-bincang dengan Kepala Dinas TPHP Kalteng Hj Sunarti, yang mengatakan jika tanaman padi di kawasan food estate yang berada di Desa Belanti Siam siap dipanen pada minggu ketiga Februari 2021.

Tidak itu saja, dia juga meminta agar dibuatkan surat yang ditujukan kepada Menteri Pertanian Republik Indonesia untuk memberitahukan, bahwa hamparan padi di Desa Belanti Siam sudah siap dipanen pada minggu ketiga Februari 2021. Surat tersebut, dengan harapan saat panen raya nantinya, Menteri Pertanian dapat hadir langsung di kawasan Food Estate Kalteng.

Baca Juga :  H Nadalsyah Cek Pengerjaan Jalan Lintas Lemo-Simpang Batapah

Pada kesempatan tersebut, H Sugianto Sabran juga mengecek langsung kualitas padi yang siap panen di kawasan tersebut. Dia juga berharap, pengembangan food estate di Kalteng dapat memberikan kualitas dan kuantitas terbaiknya.

Tinjau Lokasi Pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Dadahup

Setelah meninjau pembangunan dan pengembangan food estate di Desa Pandih Batu, Gubernur beserta rombongan melanjutkan perjalan melalui udara ke Desa Bentuk Jaya A5, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur bersama Forkopimda Kalteng  dan Sekda Kapuas, Kades Bentuk Jaya, serta Pejabat setempat berbincang dan mengamati kondisi lahan yang berada di Desa Bentuk Jaya A5. Pasalnya berdasarkan informasi yang didapatkan dari Kades Bentuk Jaya Barsuni MR, sebelum adanya mekanisasi/konvensional sering terjadi banjir. Namun setelah adanya mekanisasi banjir, dapat teratasi.

Barsuni MR mengutarakan, bahwa program food estate yang dibangun di Kalteng sangat menguntungkan bagi masyarakat setempat. “Setelah adanya normalisasi saluran ini, kita melihat yang sudah di 2020 ini, di mana curah hujan sangat tinggi, sekarang sudah tidak kebanjiran lagi. Biasanya kalau curah hujan sangat tinggi, lantai rumah warga sudah tenggelam,” ucap Kades Bentuk Jaya Barsuni MR kepada Gubernur Kalteng. (red2)

Baca Juga :  DPRD Kotim Sepakati Pembentukan Kelengkapan Dewan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA