oleh

Gubernur Kalteng Ajak Masyarakat Tingkatkan Ketaatan Terhadap Prokes

PANGKALAN BUN, Inikalteng.com – Disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat ini menjadi jalan satu-satunya untuk memutus penyebaran Covid-19. Apalagi potensi bertambahnya warga yang positif Covid-19 cukup signifikan.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran tak henti-hentinya meminta masyarakat untuk jangan kendor menerapkan Prokes dan selalu menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan bergizi serta berolahraga.

“Kepada masyarakat, ayo kita terus tingkatkan ketaatan terhadap protokol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Pemprov juga mengajak pemerintah kabupaten/kota dan instansi lainnya, agar fokus dalam penanganan pandemi Covid-19 melalui pendekatan perubahan perilaku masyarakat. Terus edukasi masyarakat kita untuk taat melaksanakan Prokes,” imbau Sugianto Sabran usai menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Wilayah Provinsi Kalteng, di Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Rabu (24/3/2021).

Baca Juga :  Gubernur Apresiasi Petani Padi Eks Lokasi PEDA KTNA XII Kotim

Sugianto menyebut, dengan menerapkan perubahan perilaku disiplin Prokes, akan menjadi kekuatan masyarakat untuk terhindar dari bahaya Covid-19. Kaitannya dengan perubahan perilaku ini, adalah bagaimana menumbuhkan kesadaran kolektif dan peran dari seluruh komponen masyarakat. Termasuk upaya-upaya dalam memperbaiki dan meningkatkan perekonomian daerah. “Pemerintah juga terus berupaya memberikan edukasi dan memutus mata rantai Covid-19, serta meningkatkan perekonomian di masyarakat,” tuturnya.

Baca Juga :  Pemkab Bartim Sumbangkan 97 Ekor Sapi dan 4 Ekor Kambing

Dalam hal ini, Gubernur menekankan pentingnya peran kolaborasi semua pihak terkait bersama masyarakat. Sehingga peran komunikasi publik menjadi hal yang sangat mendasar, serta memberikan pemahaman dan pengertian bahwa Covid-19 sangat berbahaya.

“Fungsi edukasi, sosialisasi dan mitigasi, ditambah empat hal penting protokol kesehatan yakni menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, harus diimplementasikan dengan baik,” katanya.

Sugianto juga meminta Pemerintah Kabupaten/Kota di Kalteng untuk memperketat ketaatan terhadap Prokes di perkantoran pemerintah dan di lingkungan masyarakat, dengan berbagai penerapan yang sudah disampaikan dalam menghadapi PPKM Mikro.

Baca Juga :  Anggaran Rp500 Miliar Disiapkan untuk Tangani Covid-19

“Kesadaran masyarakat dalam penerapan Prokes sangat penting dilakukan. Karena masyarakat adalah garda terdepan dalam upaya memutus penyebaran Covid-19. Dengan disiplin melaksanakan Prokes, maka Kalteng akan dapat menekan penyebarannya. Mari kita berdoa bersama agar pandemi Covid ini cepat berlalu dan kehidupan perekonomian dapat ditingkatkan lagi,” ajak Sugianto Sabran, yang dalam rangkaian kunjungan kerja ini, juga memantau aktivitas di masyarakat dalam penerapan PPKM Mikro. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA