oleh

Gubernur Kalteng Instruksikan Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan

Shalat Ied di Masjid dan Tanah Lapang Ditiadakan

PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengeluarkan Instruksi Nomor 188.54/47/BPBPK tentang Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah di Kalteng.

Instruksi Gubernur Kalteng yang ditandatangani pada 22 Mei 2020 tersebut, sebagai tindak lanjut dari petunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI. Intinya, untuk mengantisipasi dan memutus penyebaran corona virus disease 2019 (Covid-19) di Kalteng dalam menghadapi Hari Raya ldul Fitri 1441 Hijriah.

Instruksi itu disampaikan kepada Bupati dan Wali Kota se-Kalteng, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalteng, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Wilayah Kalteng, dan Organisasi Kemasyarakalan Islam lainnya.

Di mana Bupati dan Wali Kota se-Kalteng, MUI Kalteng, DMI Wilayah Kalteng, dan Organisasi Kemasyarakalan Islam lainnya, diinstruksikan untuk melakukan sosialisasi imbauan pemerintah untuk tidak melakukan kegiatan Takbir Keliling dalam rangka menyambut Hari Raya ldul Fitri 1441 Hijriah, dan mengimbau secara rutin kepada warga umat Islam untuk tidak melakukan Shalat Hari Raya ldul Fitri berjamaah di masjid-masjid maupun di tanah lapang.

Selanjutnya, memberikan anjuran kepada warga umat Islam untuk melakukan Shalat Hari Raya ldul Fitri berjamaah dengan keluarga inti di rumah masing-masing. Melakukan monitoring dalam penegakan dan pengamanan protokol kesehatan, sesuai dengan ketentuan Peraturan Perundang-undangan.

Kemudian, melakukan penjagaan pada pos-pos batas untuk memastikan masyarakat tidak mudik atau pulang kampung, dan melaksanakan lnstruksi Gubernur Kalteng dengan penuh tanggung jawab. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA