oleh

Gelaran Pesona Tambun Bungai 2022 Resmi Dibuka

PALANGKA RAYA, inikalteng.com – Gelaran Pesona Tambun Bungai (PTB) 2022 yang diinisiasi Bank Indonesia (BI) Kalteng, Pemprov Kalteng, dan Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), resmi dibuka Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo, di Aula Gedung KONI Kalteng, Kamis (4/8/2022).

Didampingi Sekda Kalteng H Nuryakin, Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari, Kepala Perwakilan BI Kalteng Yura Djalins, Kepala OJK Kalteng Otto Fitriandy, serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng, H Edy Pratowo, mengaku menyambut baik diselenggarakannya PTB 2022.

“Festival ini bukan hanya mengenalkan potensi pariwisata dan produk UMKM unggulan, tetapi juga menumbuhkan kepedulian dan sekaligus mengajak masyarakat untuk bersama-sama membangkitkan pariwisata dan UMKM Kalteng, setelah terpukul akibat pandemi Covid-19,” ujarnya.

Dia juga berharap, kegiatan strategis Festival Pesona Tambun Bungai akan makin menguatkan sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan untuk memulihkan perekonomian Kalteng, khususnya industri kreatif pariwisata dan UMKM.

Baca Juga :  Polres Katingan Musnahkan Sabu-sabu Senilai Rp500 Juta

“Kita tidak bisa bekerja sendiri-sendiri, kita harus bekerja bersama-sama, untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat. Saya sangat mengapresiasi sinergi dan kontribusi nyata Bank Indonesia Perwakilan Kalimantan Tengah selama ini, dalam mendukung perekonomian di wilayah Kalimantan Tengah, khususnya sektor pariwisata dan UMKM,” ungkapnya.

Ketua Dekranasda Kalteng Ivo Sugianto Sabran, berkesempatan meninjau dan berbelanja hasil karya UMKM dalam event Pesona Tambun Bungai 2022. (foto: ka)

Sebagaimana diketahui, lanjut orang nomor dua di Bumi Tambun Bungai ini, pada sektor pariwisata ada dua kegiatan di Kalteng yang berhasil masuk ke dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dari 319 nominasi, yakni Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 di Palangka Raya yang berjalan sangat meriah pada Mei 2022 lalu, dan Festival Babukung 2022 di Kabupaten Lamandau yang akan diselenggarakan pada November 2022 mendatang.

Bahkan tidak lama lagi, yakni pada 28 Agustus 2022, Kalteng tepatnya di Palangka Raya, akan menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Sepeda Gunung UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

Baca Juga :  Polres Kapuas Lakukan Pengamanan Melekat Pastikan Keamanan Pergeseran Logistik Pilkada

“Event internasional ini tentu bisa menjadi momentum untuk mendongkrak perekonomian daerah, pariwisata, dan UMKM Kalimantan Tengah melalui sport tourism. Saya mengajak semua pihak, termasuk Bank Indonesia, untuk bersama-sama mendukung dan menyukseskan Kejuaraan Dunia UCI MTB Eliminator World Cup 2022,” tutup H Edy Pratowo.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BI Kalteng Yura Djalins, menyampaikan seiring dengan perkembangan waktu, pandemi Covid-19 berangsur dapat dikendalikan, meskipun pada saat ini telah muncul varian baru yang menjadi perhatian bersama. Di mana kondisi itu berdampak positif pada perbaikan di berbagai sisi ekonomi, karena pertumbuhan ekonomi Kalteng pada triwulan I 2022 tumbuh 7,32 persen (yoy).

“Pemulihan ekonomi yang saat ini masih terus berlangsung, harus kita dukung dan upayakan bersama, agar sektor-sektor yang sebelumnya terkena dampak oleh pandemi, seperti UMKM dan jasa pariwisata dapat segera bangkit mengejar ketertinggalan,” tukasnya.

Baca Juga :  Menparekraf Dorong Munculnya Desa Wisata Potensial Baru di Kalimantan

Dijelaskan, PTB 2022 yang dilaksanakan secara luring di Gedung KONI Kalteng pada 4 sampai 7 Agustus 2022, dirangkai dengan sejumlah kegiatan, antara lain lomba Karya Tulis Ilmiah, lomba Fotografi dan Vlog UMKM, pameran UMKM dan promosi belanjakalteng.com, pameran pariwisata, Business Matching UMKM, workshop, fashion show, hiburan dan kuliner lokal, serta lomba lari Hadari Kahayan 5 Km.

“Saya atas nama pribadi dan BI menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas dukungan bapak Gubernur beserta jajaran, yang secara nyata mau dan semangat untuk mendorong dan menjaga pemulihan ekonomi daerah melalui eksistensi UMKM dan promosi pariwisata di daerah, dengan menyinergikan program-program daerah dan mengajak stakeholder untuk bersama membangun ekonomi daerah,” pungkasnya mengakhiri. (ka/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA