oleh

Dukung Operasional Bandara HM Sidik, Perbup KKOP Diterbitkan

MUARA TEWEH – Bertujuan mendukung operasional Bandar Udara (Bandara) HM Sidik, di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah, akan segera menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP).

“Pentingnya Perbup KKOP ini, untuk mengendalikan agar dalam sampai dengan 15.000 meter dari as landas pacu (runway), tidak boleh ada bangunan/menara dan benda tumbuh tinggi lainnya. Perbup Ini nanti yang akan mengaturnya,” tukas H Nadalsyah kepada wartawan, belum lama tadi.

Baca Juga :  Dewan Harapkan Jaringan Telekomunikasi Sampai ke Desa

Sementara kepada masyarakat sekitar Bupati berpesan, agar dapat memanfaatkan fasilitas Bandara HM Sidik. Utamanya, kepada para pedagang.

“Kebaradaan bandara ini (Bandara HM Sidik), tentu akan menghemat waktu dan biaya. Selain itu, juga dapat berpartisipasi dalam pembangunan Kabupaten Barito Utara. Yang pasti dengan semakin banyaknya penumpang dari dan menuju Bandara HM Sidik, akan menambah PAD kita,” sebutnya.

Baca Juga :  Syariefuddin Hasan Siap Perjuangkan Aspirasi Civitas Akademika UPR

Lebih lanjut Bupati yang kini menjabat periode kedua ini menjelaskan, pengoperasian Bandara HM Sidik di 2020, sudah dinanti-nanti sejak awal pembangunannya 2015 lalu. Pengoperasian itu, ditandai dengan selesainya rekonstruksi runway, taxy way, apron, fillet, turning area serta marking.

“Apalagi di bandara yang ditunggu-tunggu ini, baik itu runwaystrip dan drainasenya telah memenuhi standard pada kedua sisi runwaynya. Namun untuk bangunan terminal, sedang dilakukan pembangunan tahap kedua,” tuturnya.

Baca Juga :  UPR Dorong Kalteng Jadi Pusat Kesehatan Dunia

Begitu juga dengan bangunan pemadam kebakaran, tengah dilakukan rehabilitasi, termasuk pembuatan halaman parkir penumpang. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya akan menyiapkan prasarana penunjang berupa jalan masuk menuju bandara. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA