oleh

Dugaan Penyimpangan DD di Desa Talio Hulu Naik Status Menjadi Penyidikan

PULANG PISAU – Kasus dugaan tindak pidana kuropsi penyimpangan dana desa (DD), di Desa Talio Hulu, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) pada Tahun Anggaran 2018-2019 yang ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Pulpis, saat sudah ditingkat dari Penyelidikan menjadi Penyidikan.

“Kami sedang menangani perkara penyelidikan yang saat ini sudah di tingkatkan ke tahap penyidikan, terkait dugaan tindak pidana korupsi penyimpangan Dana Desa, di Desa Talio Hulu pada Tahun Anggaran 2018-2019,” kata Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pulpis, Triono Rahyudi kepada sejumlah wartawan, Kamis  (10/12/2020).

Baca Juga :  Wamenhan Tinjau Lahan Pembudidayaan Singkong di Gumas

Menurutnya, indikasi itu disinyalir adanya perbuatan melawan hukum atau penyimpangan jabatan, karena kewenangan yang mengakibatkan kerugian negara. Bahkan dari hasil penyelidikan, adanya dugaan perbuatan yang dilakukan dengan kesengajaan.

“Dari perkara ini, kami lihat ada beberapa titik simpul dari perbuatan melawan hukum, yang diantaranya jumlah belanja dengan riil keuangan tidak sesuai atau mark up. Sehingga mengakibatkan kurang baik kualitas maupun kuantitas, yang berujung akan ada manipulatif,” terangnya.

Baca Juga :  Dua Mahasiswa UPR Terpilih Ikut Program Hustep di Hokkaido University

Triono Rahyudi, menambahkan, untuk indikasi pelakunya masih didalami, apakah melibatkan keturutsertanya atau hanya sendiri. Karena masih belum ditetapkan, maka untuk saat ini Kejari Pulpis belum bisa menyampaikan inisial atau indentitas dari pelaku itu sendiri.

Baca Juga :  Rencana Penutupan Sementara Hanya di Bandara Tjilik Riwut

“Untuk mendalami perkara ini, kami melalui Bidang Pidsus sudah meminta keterangan para saksi sebanyak 70 orang. Dalam pengungkapan perkara, kami terus melakukan pemeriksaan terhadap para saksi, bahkan sudah menurunkan Tim Ahli Teknis untuk memeriksa kualitas maupun kuantitas pekerjaan dimaksud,” tutupnya. (ndi/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA