oleh

Dua Raperda Kotim Selesai Dibahas

SAMPIT, inikalteng.com – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) akhirnya menyelesaikan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Budaya Daerah, dan Raperda tentang Kawasan Tanpa Rokok.

Wakil Ketua Bapemperda DPRD Kotim Hj Darmawati mengatakan, selesainya pembahasan dua raperda tersebut merupakan wujud komitmen dan konsistensi Pemerintah Kabupaten Kotim dan DPRD Kotim.

“Ini merupakan wujud komitmen dan konsistensi Pemerintah Kabupaten Kotim dan DPRD Kotim untuk melakukan harmonisasi dan sinkronisasi perda sesuai Perda Kabupaten Kotim Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah,” ujar Darmawati dalam Rapat Paripurna Ke 8 Masa Persidangan II Tahun 2021 DPRD Kotim, Senin (28/6/2021).

Baca Juga :  Wakapolres Bartim Pimpin Upacara Pemakaman Jenazah Anggotanya

Hal itu sebagai pelaksanaan dari Undang-Undang (UU) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan, dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 120 Tahun 2018 tentang Pembentukan Hukum Daerah.

Baca Juga :  DPRD Kotim Bahas Rencana Pembentukan Pansus

Diungkapkan, dari hasil pembahasan tersebut telah disetujui dan disepakati ada beberapa penyempurnaan dari isi Raperda Budaya Daerah. Perubahan dimaksud tidak bersifat prinsip, hanya  berupa perubahan dan penambahan redaksional tanpa merubah maksud dan tujuannya.

“Seperti pada pasal 6 ayat (1), ada perubahan redaksi yang berbunyi; pemerintah daerah melakukan pelestarian budaya daerah dengan melibatkan masyarakat, seniman, budayawan, para ahli dan pihak lain yang berkepentingan,” jelas Darmawati.

Baca Juga :  Presiden Tegaskan Banpres Produktif Akan Segera Disalurkan

“Kami menyampaikan ucapan berterima kasih kepada Bupati Kotawaringin Timur dan jajarannya atas kerja sama yang baik dalam pembahasan dua rancangan peraturan daerah ini. Semoga memberikan manfaat bagi pelayanan kepada masyarakat,” kata Darmawati. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA