oleh

DPRD Kotim Dukung PN Sampit Terapkan PTSP

SAMPIT, inikalteng.com – Wakil Ketua (Waket) II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), H Hairis Salamad, menyatakan sangat mendukung gerakan yang dilakukan oleh Kepala Pengadilan Sampit, Darminto Hutasoit, dalam menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Negeri (PN) Sampit Kelas 1B. Karena hal itu bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kami sangat mendukung gerakan yang dilakukan Pengadilan Negeri Kelas 1B Sampit dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat dengan berinovasi melakukan Pelayanan Terpadu Satu Pintu atau PTSP ini,” kata Hairis Salamad di Sampit, Senin (5/4/2021).

Baca Juga :  Ternyata Proyek Pasar Expo Sempat Ditolak, Tapi Tetap Dibangun

Menurut dia, Pengadilan juga harus meningkatkan sumber daya, sarana dan prasarana guna untuk meningkatkan pelayanan dan inovasi terhadap masyarakat khususnya bagi para pencari keadilan, serta terwujudnya Peradilan Inklusi yaitu peradilan yang ramah bagi kaum disabilitas yang berhadapan dengan hukum.

“Pengadilan Negeri Sampit juga telah melakukan akses jalan guiding block dari halaman gedung hingga sampai ruang pelayanan satu pintu dan ruang sidang ramah disabilitas,” ujarnya.

Politisi Partai Amanat Nasional ini yang sebelumnya menduduki meja Komisi I, juga mengatakan bahwa Pengadilan Negeri Sampit juga mengakomodir tersedianya alat bantu untuk para penyandang disabilitas seperti tongkat, kursi roda, antrean atau makanisme prioritas, alat bantu dengar serta kursi tunggu khusus bagi pengunjung dengan layanan prioritas.

Baca Juga :  Wagub Kalteng Hadiri Rapat Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD Kalteng

“Setelah kita lihat secara langsung, mereka juga menyediakan ruang sidang ramah buat penyandang disabilitas, tempat khusus kursi roda di ruang pelayanan terpadu satu pintu, toilet khusus dan lainnya,” tuturnya

Legislator dari daerah pemilihan V Kotim ini juga meminta kepada Pengadilan Negeri Sampit Kelas 1B, agar terus meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat dan terus melakukan inovasi dengan mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Baca Juga :  KBB Kalteng Bergerak Salurkan Bantuan Kepada Korban Banjir di Kalsel

Selain itu, diharapkan sinergitas DPRD Kotim dengan Pengadilan Negeri Sampit harus terus dijaga. Tujuannya untuk menyamakan persepsi dan menjalin komunikasi yang lebih baik. “Kami juga akan terus membangun sinergitas ke semua instansi, termasuk Pengadilan Negeri Sampit agar terus saling memberi masukan dan support kepada DPRD sehingga sinergitas selalu tetap terjaga,” ucap Hairis Salamad. (ya/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA