oleh

DPD RI Yakin Kalteng Mampu Melaksanakan Pilkada 2020

PALANGKA RAYA – Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada tahun 2020 akan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gubernur Kalteng, dan Pilkada Bupati Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim). Sesuai jadwal, pelaksanaan pesta demokrasi tersebut akan diselenggarakan pada 23 September 2020 mendatang.

Hal itu dikatakan Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Kalteng H Nurul Edy pada Rapat Kerja Tim Kunjungan Kerja Komite I DPD RI dengan Pemprov Kalteng, Akademisi dan Tokoh Masyarakat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng di Palangka Raya, Selasa (12/11/2019).

“Berdasarkan perencanaan program kerja dan anggaran, dialokasikan biaya sebesar Rp382,2 miliar lebih. Biaya itu untuk Pilkada 2020, KPU, Bawaslu, Polda, dan Korem di Kalteng,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkab Barut Lakukan Operasi Pasar

Untuk pengendalian Pilkada serentak itu, Pemprov Kalteng telah melakukan monitoring ke kabupaten dan kota di Kalteng. Saat ini, Pemprov masih dalam tahap pembentukan Desk Pilkada.

“Kami berharap, kunjungan Komite 1 DPD RI ini akan memberikan motivasi bagi semua pihak terkait di Kalteng, agar pilkada berjalan sukses, aman dan kondusif,” imbuh Gubernur.

Ketua Komite 1 DPD RI Agustin Teras Narang memaparkan, tugas pokok Komite 1 DPD RI adalah berkenaan dengan otonomi daerah, perdesaan, pilkada, pemilu, kepegawaian, pemerintahan daerah dan lainnya yang menyangkut hubungan antara pusat dan daerah.

Baca Juga :  Puskesmas Terawan Gelar Lomba Dokter Kecil

“Kunjungan kerja ini, adalah untuk mendengar langsung kesiapan Kalteng mengadakan Pilkada tahun 2020. Pilkada merupakan suatu pekerjaan untuk menegakkan demokrasi dalam rangka bermasyarakat dan bernegara,” jelas Teras Narang.

Mantan Gubernur Kalteng dua periode ini meyakini, Provinsi Kalteng mampu melaksanakan dan menyukseskan Pilkada Kalteng dan Kabupaten Kotim di tahun 2020 mendatang.

Tugas DPD RI lainnya adalah memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan pemerintahan daerah. Termasuk agar terciptanya harmonisasi, singkronisasi dan perimbangan keuangan pusat dan daerah, demi terciptanya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga :  LPG Bersubsidi Khusus untuk Warga Kurang Mampu

Raker ini dihadiri para Kepala SOPD lingkup Pemprov Kalteng, Wakil Bupati Kotim, DPRD Kalteng, Ketua KPU Kalteng dan KPU Kotim, Bawaslu Kalteng, akademisi, LSM, serta tokoh masyarakat.

Sedangkan dari DPD RI selain Teras Narang, juga hadir Abdul Kholik dari Jateng, Maria Goretti dari Kalbar, Habib Abdurrahman dari Kalsel, Lili Amelia dari Sulsel, Martin dari Kalbar, Ricard dari Riau, KH Safrudin dari Jabar, Husein Maluku Utara, dan Emi Khairani dari Bengkulu.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA