oleh

Disdukcapil Gumas Diminta Proaktif Mendata Penduduk

KUALA KURUN, inikalteng.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Polie L Mihing, meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat lebih proaktif dalam melakukan pendataan bagi penduduk.

Pasalnya, masih banyak penduduk Gumas yang belum rekam KTP, belum semuanya terdata secara keseluruhan. Sehingga akan berimplikasi pada Dana Alokasi Umum (DAU). Untuk itu perlu langkah cepat dengan jemput bola sampai ke kecamatan hingga desa-desa.

Baca Juga :  Libatkan Anak Mengedukasi Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia

“Saya pikir Disdukcapil setempat juga bisa melibatkan langsung RT/RW agar masyarakat yang belum tercatat dalam data base kependudukan segera melakukan proses rekam KTP,” jelas Polie L Mihing di Kuala Kurun, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga :  Riantoe Salurkan Dana Aspirasi Bantu Sektor Perikanan

Menurut Polie, pendataan ini penting, apalagi menyambut tahun politik 2024, dimana data jumlah keseluruhan penduduk diperlukan untuk data pemilih. Tentunya kinerja Disdukcapil Gumas harus maksimal menjemput bola ke masyarakat.

Selain itu, Politisi Partai Hanura ini menyebutkan, sosialisasi juga harus lebih digalakkan. Karena anggapan masyarakat, bahwa proses tersebut berbayar, jadi banyak yang enggan sambangi dinas teknis terkait.

Baca Juga :  Pemkab Kotim Dinilai Belum Mampu Laksanakan UU Otonomi Daerah

Polie menambahkan, selama ini Disdukcapil setempat sudah punya sistem pendataan untuk mempermudah kinerja perekaman. “Jika tidak berjalan maksimal, maka patut dipertanyakan sistem tersebut,” ujarnya. (hy/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA