oleh

Dewan Minta Sengketa Dilaporkan Sebelum dan Sesudahnya

MUARA TEWEH, inikalteng.com – Legislator DPRD Barito Utara (Barut) Henny Roesgiarty Rusli, meminta agar masyarakat daerah setempat bisa melaporkan jika terjadi sengketa dengan pihak perusahaan, baik sebelum ataupun sesudahnya.

Pasalnya, selama ini masyarakat hanya datang ke dewan saat masalah yang dihadapi tidak bisa diselesaikan. Namun apabila masalah tersebut sudah selesai, tidak ada kabar beritanya, sehingga dewan kebingungan.

“Seharusnya apabila ada masalah dengan pihak perusahaan, masyarakat bisa melaporkan baik sebelum atau sesudahnya, sehingga dewan mengetahui perkembangan dari perkara yang dihadapi oleh masyarakat,” tutur politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini di Muara Teweh, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga :  Sambangi Bank Kalteng, Kapolres Ingatkan Pentingnya Prosedur Keamanan

Menurutnya, dewan sangat mengapresiasi apabila masyarakat datang ke kantor DPRD Barut untuk meminta bantuan legislatif dalam menyelesaikan sengketa. Dengan demikian, tindakan anarkis dalam mengemukakan pendapat di lapangan dapat dihindari.

Sedangkan kepada pihak perusahaan, dia mengingatkan agar bisa menyelesaikan hak-hak penduduk sekitar, dan menghindari konflik yang pada akhirnya bisa menghambat kelancaran perusahaan itu sendiri, dengan mengutamakan musyawarah-mufakat.

Baca Juga :  Jembatan Layang Bukit Rawi Ditargetkan Rampung Pertengahan 2022

Tidak itu saja, Henny juga meminta agar pihak perusahaan yang beroperasi di wilayah Bumi Iya Mulik Bengkang Turan lebih mengoptimalkan Committee Development (CD) atau kehumasan. Sebab, sangat penting artinya, dan karena pada umumnya karyawan yang bergerak di CD kebanyakan dari warga setempat.

Baca Juga :  Organisasi Wanita Diminta Proaktif Membangun Daerah

“Hal ini tentu saja sangat berguna, baik bagi perusahaan maupun warga sekitar. Kedekatan emosional karyawan CD lokal dengan penduduk sekitar, diharapkan akan menjadi jembatan penghubung yang sangat baik oleh perusahaan dalam mengutarakan maksud kegiatan maupun sosialnya terhadap penduduk,” pungkas Henny Roesgiarty Rusli. (mhd/red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA