oleh

CPNS Pemkab Barut Diberi Pembekalan

MUARA TEWEH – 98 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 Pemkab Barito Utara (Barut), diberikan pembekalan tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Kegiatan Evaluasi Pengadaan dan Pembekalan CPNS tersebut, dilakukan Pemkab Barut melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat.

Bertempat di Gedung Balai Antang, Muara Teweh, Rabu (17/2/2021), kegiatan evaluasi dan pembekalan itu dibuka langsung Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra dan dihadiri Sekda Barut H Jainal Abidin beserta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra, mengatakan, dari 98 orang CPNS yang mengikuti pembekalan, akan diberikan masa percobaan paling lama 1 tahun, dan belum tentu diangkat menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya Pemkab Barut, tidak akan segan-segan untuk memberhentikan sebagai CPNS apabila tidak menunjukkan kinerja yang baik.

Baca Juga :  Pemkab Barut Ikuti Lomba Inovasi Daerah
H Jainal Abidin

“Dalam konteks kinerja PNS, perlu dicermati perkembangan lingkungan, baik eksternal maupun internal. Diperlukan cara agar kita mampu menjaga dan memiliki ketahanan mental psikis, sabar, dan mampu berpikir logis di tengah perubahan saat ini,” imbaunya.

Di sisi lain, sosok sebagai seorang ASN sangat diharapkan dan dituntut profesionalisme dan kinerja yang baik, solusi terbaik yang strategis, memperkokoh kerja yang solid, inovatif, kreatif, responsif, dan tuntutan kondisi prima dari masyarakat.

Baca Juga :  Relawan Muda Sugianto Sabran dan Agustiar Sabran Sebar Takjil

Sugianto Panala Putra juga menekankan, agar para ASN/CPNS mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan menjaga kehormatan Pemkab Barut. Tentunya, sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku.

Di tempat yang sama, Sekda Barut H Jainal Abidin, meminta kepada Kepala BKPSDM agar mengupayakan semua CPNS di Barut yang jumlahnya 98 orang, dapat mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) pada 2021.

“Saya mengharapkan, agar semua CPNS tahun ini dapat mengikuti Diklatsar. Terlebih saat ini kuota untuk Barito Utara, hanya berjumlah 29 orang,” ujarnya.

Baca Juga :  Bupati dan Wakil Bupati Hadiri Prosesi Kenal Pamit Kapolres Lamandau

Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan itu, yakni tentang penyelesaian kasus pelanggaran disiplin dan permasalahan kepegawaian lainnya di Lingkungan Pemkab Barut. Selain itu, memberikan landasan hukum dalam pembinaan disiplin PNS yang ada dalam Manajemen PNS, serta menjelaskan beberapa faktor penyebab, yang mempengaruhi, serta akibat yang ditimbulkan dari pelanggaran Disiplin PNS.

“Jenis hukuman disiplin dan skema penjatuhan hukuman disiplin diberikan, agar jangan sampai kalian (CPNS) melakukan pelanggaran-pelanggaran disiplin,” tutupnya. (red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA