oleh

Capaian Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Kapuas Baru 2,65 Persen

KUALA KAPUAS, inikalteng.com – Program vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kapuas hingga kini terus berjalan. Sasaran utamanya meliputi tenaga kesehatan, pelayanan publik dan kalangan lanjut usia (lansia).

Dalam pencapaiannya, hingga kini tenaga kesehatan (nakes) dari target 2.063 dosis pertama sudah mencapai 2.246 orang atau 108,87 persen, dan untuk dosis kedua 2.145 atau 95,50 persen. Sedangkan untuk petugas pelayanan publik dari target 26.268 orang, capaian dosis pertama baru 6.068 orang atau 23,10 persen dan dosis kedua 4.569 orang atau 17,39 persen.

Baca Juga :  Belasan Warga Lamunti Keracunan Makanan Usai Buka Bersama
dr Tri Setya Utami

“Sesuai arahan Kementerian Kesehatan terkait program vaksinasi untuk masyarakat, prioritas untuk saat ini masih berfokus kepada lansia dan guru. Untuk vaksinasi lansia dari target 30.191 orang, pencapaian dosis pertama baru 800 orang atau 2,65 persen dan dosis kedua 575 orang atau 1,90 persen,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Apendi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Tri Setya Utami, Jumat (21/5/2021) malam.

Tri menyebutkan, selama Ramadan kemarin pelaksanaan vaksinasi untuk lansia dan guru tetap berjalan sesuai standar yang telah ditentukan. “Namun ada beberapa lansia yang tidak mau divaksin dan menunggu setelah lebaran,” katanya.

Baca Juga :  Akivitas Perekonomian Nelayan di Asam Baru Lumpuh

Dia mengungkapkan, program vaksinasi banyak dipusatkan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas dan belum lama ini telah dilakukan secara massal untuk guru dan calon jamaah haji. “Tentu semua sudah mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah,” ucap dr Tri Setya Utami.

Bahkan, bebernya, satu hari sebelum lebaran Hari Raya Idul Fitri 1442 H, beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) masih melayani vaksinasi untuk dosis ke-2. “Setelah lebaran pun, PKM dan RSUD juga tetap melayani vaksinasi dengan masih memprioritaskan lansia dan guru-guru,” tambahnya.

Baca Juga :  Kapuas Mulai Terapkan PPKM Mikro Hingga 5 April 2021

Dalam kesempatan itu pula dr Tri meminta kepada masyarakat agar jangan ragu untuk divaksin dan tidak terpengaruh akan informasi-informasi hoax terkait vaksin. “Bagi masyarakat yang ingin mengetahui informasi seputaran vaksin Covid-19, dapat mengaksesnya di s.id/infovaksin,” pungkasnya. (sri/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA