oleh

Bupati Barut Meninjau Kawasan Banjir

MUARA TEWEH, inikalteng.com – Bupati Barito Utara (Barut) H Nadalsyah, berkesempatan meninjau kawasan banjir. Banjir yang merendam sebagian wilayah Barut tersebut, akibat guyuran hujan yang terjadi berjam-jam, sehingga membuat air sungai meluap dan merendam perumahan penduduk.

Di sela-sela peninjauan, Selasa (23/3/2021), Bupati menyempatkan berdialog dengan warga yang mengalami kebanjiran. Menurut warga, banjir yang terjadi akibat luapan Anak Sungai Bengaris.

Baca Juga :  Jelang Pilkada, Masyarakat Diimbau Jaga Persatuan

Karenanya, Bupati segera memerintahkan Kadis PUPR setempat untuk memetakan lokasi mana saja yang mengalami banjir dan solusi  penanganannya. “Ambil foto udara melalui drone, jadi kita tahu di mana lokasi banjir dan jalur mana nantinya akan dibuatkan jalur airnya,” tuturnya.

Selain itu, orang nomor satu di Barut ini juga meminta kepada warga yang akan membangun rumah, agar memerhatikan kondisi lingkungan, jangan sampai bangunan menutup aliran air.

Baca Juga :  CIMTROP UPR, BNF dan LJMU Launching Drone Centre

“Jangan sampai hanya untuk kepentingan satu orang, mengorbankan kepentingan banyak orang. Terlebih saat musim penghujan seperti ini, di mana hujan lebat beberapa jam sudah terjadi banjir di beberapa titik,” tukasnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Barut M Iman Topik, menjelaskan, banjir yang terjadi akibat tidak lancarnya arus air Anak Sungai Bengaris di Jalan Berlian.  Pasalnya di Jalan Berlian, rombongan Bupati melihat adanya sumbatan air Anak Sungai Bengaris.

Baca Juga :  Kuota CPNS Katingan Diharapkan Bertambah

“Setelah dilakukan pemetaan lokasi banjir, Pemerintah Kabupaten Barito Utara nantinya akan membuat jalur atau parit untuk memperlancar arus air. Di mana ke depannya, tidak terjadi lagi banjir akibat luapan Anak Sungai Bengaris,” tutup M Iman Topik. (red2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA