oleh

Banyak Potensi Usaha di Gumas

KUALA KURUN, inikalteng.com – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Binartha menyatakan, kabupaten pemekaran tersebut memiliki banyak potensi usaha. Di antaranya sektor pertanian, pariwisata dan berbagai potensi lainnya.

Dijelaskan, pertanian dalam arti luas, yakni kegiatan tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Sedangkan pertanian dalam arti sempit, seperti budidaya tanaman pangan di lahan untuk mencukupi kebutuhan manusia.

Baca Juga :  PT HPL Bantu Perbaiki Jalan Rusak Rabauh-Karitak

“Pertanian dalam arti luas maupun pertanian dalam arti sempit, apabila diusahakan dengan sungguh-sungguh akan memberikan kemanfaatan, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan,” kata Binartha, Jumat (23/7/2021).

Pertanian tanaman pangan yang dapat diusahakan, lanjut dia, seperti padi dan palawija. Tanaman hortikultura, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan tanaman obat-obatan.

Baca Juga :  DPRD Gumas Bahas Dua Raperda

“Kami berharap masyarakat Kabupaten Gumas tidak hanya terfokus pada satu bidang usaha, tapi bisa mengusahakan usaha lainnya,” tutur Obin panggilan karib Binartha.

Legislator muda ini menambahkan, kesadaran akan pentingnya budaya tanam harus ditumbuhkan dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Gumas dengan memanfaatkan lahan yang dimiliki sehingga bernilai ekonomis.

Baca Juga :  Dewas PDAM dan Dirut Perusda Diingatkan Agar Bekerja Maksimal

“Jangan biarkan lahan menjadi tidur. Manfaatkan dengan membudidayakan pertanian tanaman pangan dan hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan,” ujar Obin. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA