oleh

Apresiasi Pidato Presiden RI, Teras Dorong Penguatan Pangan dan Energi

Senator DPD RI Pemilihan Kalimantan Tengah (Kalteng) Agustin Teras Narang, Selasa (16/8/2022), mengikuti Sidang Tahunan bersama MPR RI, DPR RI, dan DPD RI jelang peringatan 77 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Teras bersama sejumlah kolega anggota DPD RI, seperti  Erlinawati dan Maria Goreti wakil daerah Kalimantan Barat (Kalbar) serta Ahmad Sukisman selaku wakil daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Secara khusus, saya mengapresiasi pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Sebelumnya pidato pengantar oleh Ketua MPR RI Bapak Bambang Soesatyo dan Ketua DPR RI Ibu Puan Maharani juga senada, memuat sikap realistis pada keadaan bangsa dan negara kita”, ungkap Teras usai mengikuti Sidang.

Baca Juga :  Permukiman Warga Rawan Banjir Harus Dipindahkan

Teras mengemukakan, Pidato para pemimpin bangsa Indonesia, selain soal kekuatan perekonomian di tengah krisis, juga mengingatkan semua pihak agar waspada pada menguatnya krisis energi dan pangan sebagai imbas dari geopolitik global sehingga menjadi penyadartahuan bagi semua pihak terkait.

Berkenaan dengan itu pula, Teras mengaku telah berulangkali sampaikan dalam berbagai forum mengenai tantangan dalam menguatnya krisis energi dan pangan serta isu lainnya.

“Kerap saya istilahkan dengan HE4F: Health (Kesehatan), Education (Pendidikan), Food (Pangan), Fuel (Energi), Financial (Keuangan), dan Forestry (Kehutanan)”, sebut Teras.

Baca Juga :  Momentum HUT ke-77 RI, Perdie Ajak Satukan Langkah dan Bergotong Royong

Terkait energi, tuturnya, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan bahwa hingga pertengahan tahun 2022 ini, APBN surplus Rp106 triliun. Hal ini membuat Pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, LPG, dan Listrik, sebesar Rp502 triliun di tahun 2022, sehingga harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

“Saya secara khusus mendorong agar pemerintah melakukan langkah terpadu guna mengatasi kemungkinan melambungnya harga minyak dan batubara dunia agar tak berimbas pada naiknya harga kebutuhan energi dan membengkaknya subsidi”, imbuh Teras.

Baca Juga :  OPD Diminta Optimal Capai Target PAD

Begitu pula terkait hilirisasi sektor sumber daya alam dan mineral sebagaimana disampaikan Presiden, Teras mendorong agar menjadi perhatian dari pelaku investasi di daerah.  Sebab hilirisasi tidak sekadar meningkatkan penerimaan negara, tapi lebih jauh meningkatkan ketahanan energi nasional di tengah ancaman krisis dunia.

“Semoga negara dan bangsa kita diridhoi oleh Tuhan Yang Maha Esa, sehingga dengan semangat kebersamaan kita mengamalkan Pancasila dalam kebijakan pemerintahan kita”, tutup Teras. (tim/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

BACA JUGA