oleh

APBD Kotim Defisit 10 Persen

DPRD Pastikan Rasionalisasi Anggaran

SAMPIT – DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) memastikan akan merasionalisasi anggaran daerah setempat tersebut hingga komponen terkecil. Dewan juga optimis pembahasan Anggaran Pendapatan dan Be­lanja Daerah (APBD) Kotim 2020 rampung sebelum tanggal 30 Novem­ber 2019.

“Banyak mata anggaran yang akan kita sesuaikan, ada yang ditambahkan, ada yang di­kurangi atau bahkan dinolkan. Mengingat situasi keuangan daerah kita, saat ini sedang defisit 10 persen atau Rp150 miliar,” ujar Ke­tua DPRD Kotim, Rinie di Sampit, Kamis (7/11/2019)

Baca Juga :  Dukung Pencapaian IKU, UPR Lakukan Bimtek dan Blended Learning

Karena itu, lanjutnya, rasionalisasi dan sinkronisasi program dan kegiatan pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus dirasionalisasikan. Untuk itu, dirinya berharap Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dapat melakukan rasionalisasi terlebih dahulu bersama OPD dengan memperhatikan skala prioritas dan tetap mengedepankan kepentingan masyarakat.

Baca Juga :  Ampera Berkomitmen Pertahankan Pembangunan Sektor Pertanian

Dalam rangka rasionalisasi anggaran tersebut, Ketua DPRD Kotim mengharapkan komunikasi internal antara TAPD, OPD dan Bupati Kotim dapat berjalan selaras, termasuk dengan Badan Anggaran (Banggar).

“Jangan sampai ada stigma yang berkembang di masyarakat bahwa ketika tidak ada anggarannya, yang disalahkan DPRD, yang disalahkan TAPD atau Pemkab. Yang jelas, kita berkomitmen untuk menjadikan APBD TA 2020 ini sebagai tanggung jawab bersama, termasuk bersama Bupati,” tegas Rinie.

Baca Juga :  Sektor Pertanian Harus Dapat Perhatian Serius Dari Pemerintah

Diingatkan pula, bahwa pembangunan Kabupaten Kotim kedepan merupakan tanggung jawab bersama. Semua pihak harus bergandengan tangan, dan menempatkan pembangunan Kotim sebagai prioritas dengan tetap memperhatikan kepentingan masyarakat.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA