oleh

Aparatur Desa Berkualitas Sangat Diperlukan

PURUK CAHU – Pemerintah Desa yang terdiri atas Kepala Desa (Kades) beserta perangkatnya dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) berhubungan langsung dengan masyarakat serta memiliki peranan penting dan strategis. Karena merupakan pemerintahan yang memberikan dampak langsung terhadap kehidupan masyarakat.

Dengan demikian, menjadikan Pemerintah Desa sebagai ujung tombak yang menggerakkan masyarakat agar berpartisipasi dalam pembangunan.

“Untuk itu, sangat diperlukan kualitas sumber daya manusia aparatur Pemerintahan Desa yang memiliki kemampuan sebagai inovator dan motivator bagi masyarakat desa, sekaligus sebagai pelopor dalam membangun desa ke arah yang lebih baik,” jelas Bupati Murung Raya (Mura) Perdie M Yoseph dalam sambutannya usai melantik 18 Kades terpilih dalam Pilkades Serentak 2019 di wilayah Kabupaten Mura yang dilaksanakan di GPU Tira Tangka Balang Puruk Cahu, baru-baru ini.

Baca Juga :  Bupati Lamandau Lantik Ratusan Pejabat Eselon

Dikatakan, tanggung jawab dan perhatian Pemerintah Daerah terhadap peningkatan kesehatan, pendidikan dan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan di wilayah Kabupaten Mura, dilakukan melalui program Pro Rakyat yaitu Satu Setengah Miliar Satu Desa atau Satu Kelurahan, Kartu Mura Sehat, Kartu Mura Cerdas, dan Kartu Mura Sejahtera.

”Sehingga upaya peningkatan kesejahteraan dan harkat hidup masyarakat dapat tercapai dan Murung Raya Emas 2030 dapat terwujud,” tegasnya.

Baca Juga :  Polres Barsel dan Kodim 1012 Bergandengan Tangan Bantu Masyarakat

Perdie juga mengharapkan hubungan kerja sama yang baik antara Pemerintah desa dengan masyarakat dan BPD setempat.

Dalam acara yang dihadiri Wakil Bupati Mura Rejikinoor, Ketua DPRD Mura Doni, Kapolres Mura AKBP Dharmeshwara Hadi Kuncoro SIK, Forkopimda Mura, Sekda Mura Hermon, dan para Kepala OPD Mura ini, Perdie mengingatkan Kades yang baru dilantik bahwa jabatan yang diemban itu bukanlah hadiah atau pemberian. Tetapi suatu amanah dan kepercayaan dari masyarakat untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga :  Bartim Ditetapkan Sebagai Wilayah Wajib Masker

“Laksanakan amanah itu dengan penuh rasa tanggung jawab dalam tugas serta pelayanan kepada masyarakat desa,” harap Perdie.

Untuk itu, lanjutnya, aparatur Pemerintah Desa dituntut memiliki kemampuan, kesanggupan dan dedikasi yang tinggi, serta loyalitas penuh dalam memimpin Pemerintah Desa terhadap pelaksanaan pembangunan.(red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA