oleh

Anggota Fraksi Partai Golkar Dukung Pemekaran Provinsi Kotawaringin

SERUYAN – Wacana pembentukan Provinsi Kotawaringin mendapat perhatian banyak pihak. Salah satunya anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Sinar Kamala.

Anggota Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) ini mengaku mendukung pembentukan Provinsi Kotawaringin tersebut.

“Intinya adalah mereka ingin pembangunan merata, baik infrastruktur, kesehatan dan pendidikan agar terakomodir dengan baik. Awalnya diproyeksi nama Provinsi Kotawaringin Raya, sekarang diubah menjadi Kotawaringin,” kata Kumala, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga :  Lokasi Banjir di Kecamatan Kahayan Tengah Dikunjungi Bupati

Wanita berparas cantik ini menjelaskan, wacana pembentukan Provinsi Kotawaringin sudah digaungkan sejak lama, yang terdiri dari lima kabupaten di wilayah utara dan barat Provinsi Kalimantan Tengah. Lima kabupaten tersebut terdiri dari Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara.

sebelumnya, lokasi yang direncanakan menjadi  Calon Ibu Kota Provinsi Kotawaringin, berada di Desa Kuala Pembuang, Kecamatan Hanau, Kabupaten Seruyan. Lokasi ini sudah ditinjau Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran.

Baca Juga :  Masa Pandemi Jadi Peluang dan Tantangan bagi Media

“Saya berharap rencana pemekaran ini bisa diparipurnakan di DPRD Provinsi, sehingga bisa diajukan ke Kementerian Dalam Negeri,” kata Sugianto, Kamis, (7/1/2021).

Mantan Anggota DPR RI ini mengaku, pemekaran Provinsi Kotawaringin menjadi salah agenda yang diprioritaskan. Dengan pemekaran provinsi baru tersebut, diharapkan pelayanan birokrasi kepada masyarakat bisa cepat dan lebih efisien.

“Kita harus bekerja keras dalam persiapan ini. Untuk tempatnya sudah ada, dan saya pun sudah berbicara dengan pihak DPRD agar bisa diparipurnakan, dan bisa kita ajukan ke Mendagri,” sebutnya.

Baca Juga :  Pemkab Bartim Usulkan Pembangunan TPA

Sementara itu, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Wiyatno menambahkan, aspirasi soal pemekaran Provinsi Kotawaringin akan dibahas anggota legislatif.

“Pasti dalam pembahasan nantinya, ada yang  pro dan kontra. Namun itu sangat wajar,” kata dia. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA