oleh

Akhmad Husain Dilantik Jadi Pj Sekda Kotim

Calon Pj Bupati Masih Menunggu Keputusan Mendagri

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) H Supian Hadi secara resmi melantik Akhmad Husain sebagai Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Kotim. Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pj Sekda Kotim ini, berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Kalteng Nomor 800/40/II.1/BKD, tanggal 29 Januari 2021. Akhmad Husain, saat ini juga menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Kalteng.

Dalam acara yang digelar di Aula Anggrek Tebu, Lantai II Kantor Bupati Kotawaringin Timur, Jalan Jenderal Sudirman, Sampit, Senin (15/2/2021) ini, bertindak sebagai saksi adalah Sekda Kalteng Fahrizal Fitri dan Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran yang diwakili Sekda Kalteng Fahrizal Fitri, dalam sambutannya berharap Pj Sekda Kotim yang baru dilantik segera melakukan koordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Kotim. Karena Sekda betugas membantu kepala daerah dan wakil kepala daerah untuk menjalankan program dan kegiatan dalam rangka pembangunan di daerah setempat.

Baca Juga :  Sekda Kalteng Terima Kartu Internet Merdeka Belajar dari Telkomsel

“Kotawaringin Timur merupakan barometer pembangunan perekonomian di Kalimantan Tengah. Saya berharap, ke depan perekonomian di Kotawaringin Timur terus maju dan akan menjadi contoh bagi pembangunan di Kalimantan Tengah,” ucapnya.

Sekda Kalteng juga menyampaikan sejumlah tugas yang harus segera dilaksanakan oleh Pj Sekda Kotim. Di antaranya, harus segera melakukan koordinasi dengan jajaran, baik dengan para Asisten, Staf Ahli Bupati, Inspektur, Kepala Dinas/Badan, maupun dengan para Camat, dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan.

Tugas selanjutnya, berkaitan dengan proses penganggaran. “Yang perlu dilakukan awal saat ini adalah bagaimana menjalankan anggaran. Karena saya dengar, anggaran secara nasional juga terjadi hambatan. Saya berharap adanya transisi anggaran ini semakin cepat, supaya anggaran bisa jalan. Karena bagaimanapun, proses pembangunan akan terhambat kalau anggarannya tidak bisa direalisasikan,” jelas Fahrizal Fitri.

Baca Juga :  Insan Pers Jangan Lelah Sampaikan Informasi Berimbang

Selain terkait koordinasi dan penganggaran, Sekda Kalteng juga meminta Pj Sekda Kotim untuk segera menyusun rencana seleksi Sekda Definitif. Diharapkan, rencana ini mulai dari susunan panitia seleksi, dan juga anggarannya. “Semuanya kita harapkan paling lama enam bulan ke depan sudah ada usulan Sekda Definitif di Kotawaringin Timur ini. Sehingga tata pemerintahan semakin mantap dan berjalan dengan normal,” imbuhnya.

Di sisi lain, Sekda Kalteng juga mengemukakan mengenai tiga calon Pj Bupati Kotim yang telah diajukan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketiga calon Pj Bupati Kotim tersebut merupakan Pejabat Jabatan Tinggi Pratama atau Pejabat Eselon II a di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng. Keputusan Kemendagri diharapkan segera keluar guna mengisi transisi kekosongan, karena masa kepemimpinan Bupati Kotim saat ini akan berakhir pada 17 Februari 2021.

Baca Juga :  Fahrizal Fitri Hadiri Penandatanganan Komitmen PMA/PMDN dengan UMKM

“Saat ini, Bupati Kotim terpilih masih berproses di MK. Tentunya, harus ada langkah-langkah dalam mengisi kekosongan ini, bisa nanti Plh, bisa nanti Pj. Tapi yang pasti, tetap tidak ada kekosongan di dalam pemerintahan. Kami mengucapkan terima kasih kepada pasangan SAHATI yang telah menjalankan roda pemerintahan selama dua periode dan ini betul-betul memberikan dampak kemajuan di Kabupaten Kotawaringin Timur,” pungkas Sekda Kalteng. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA