oleh

2018-2020 PN Pulpis Tangani 4.356 Perkara

PULANG PISAU – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Pulang Pisau (Pulpis) Agung Nugroho menyebutkan, sejak 2018 sampai dengan 2020 telah menangani sebanyak 4.356 perkara.

“Dari 4.356 perkara itu, terdapat 4.303 perkara pidana dan 53 perkara perdata. Dan dari perkara pidana sendiri, lebih didominasi kasus narkotika dan asusila,” kata Agung Nugroho saat menggelar Press Release, di kantor PN setempat, Kamis (22/10/2020).

Dia menjelaskan, PN Pulpis dibentuk berdasarkan Kepres Nomor 14 Tahun 2016, dan resmi terbentuk pada 22 Oktober 2018 di Melonguane kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, dengan wilayah yuridiksi mencangkup 8 Kecamatan, 4 Kelurahan, dan 95 desa di Pulpis.

Baca Juga :  Pemko Perlu Langkah Preventif Cegah DBD

“PN Pulpis berkomitmen mendukung dan melaksanakan semua program atau inovasi layanan Mahkamah Agung dan Dirjen Badilum, untuk memberikan layanan prima kepada masyarakat. Kami juga selalu memberikan inovasi untuk meningkatkan layanan cepat, tepat, efesien, sederhana, dan biaya ringan, dengan inovasi berbasis teknologi informasi. Sehingga layanan dapat diakses secara online,” ucapnya.

Layanan dimaksud, dapat diakses secara daring melalui https://www.pn-pulangpisau.go.id, sistem informasi penelusuran perkara (SIPP), monitoring implementasi (MIS), sistem informasi kepegawaian Mahkamah Agung (SIKEP), laporan lembaran kerja (E-LLK), e-cuti, cek denda tilang (e-tilang), e-court, e-terang, e-statistik perkara, e-besuk, e-informasi, perpustakaan daring direktori putusan, jaringan dokumentasi, dan informasi hukum (JDIH).

Baca Juga :  Bupati Serahkan Satu Unit Mobil Damkar ke Seruyan Raya

“Bertepatan dengan HUT ke-2 Pengadilan Negeri Pulang Pisau, kami akan meluncurkan aplikasi “one klik”. Di mana semua inovasi aplikasi, dapat diakses dalam satu aplikasi tersebut,” tukasnya.

Agung Nugroho menambahkan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, sesuai dengan Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020, selama masa Covid-19 di lingkungan MA dan Badan Peradilan di bawahnya, PN Pulpis tetap memberikan pelayanan dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga :  Kwarcab Pramuka Bartim Diminta Tetapkan Prioritaskan Pengembangan Kegiatan

“Sebagai hadiah pada HUT ke-2 Pengadilan Negeri Pulpis, gedung Pengadilan Negeri Pulpis akan segera di bangun. Tepatnya di Jalan Trans Kalimantan, KM 10, atau di sebelah Polres Pulang Pisau,” pungkas Agung Nugroho. (nyoman/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA