oleh

16 Desa di Kabupaten Kapuas Dilanda Bencana Banjir

KUALA KAPUAS, inikalteng.com – Tingginya curah hujan dalam beberapa minggu terakhir, mengakibatkan 16 desa di empat kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas dilanda banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Penahatan Sinaga mengatakan, banjir melanda Kapuas terjadi sejak 4 September 2022. Berdampak pada 161 KK, 460 Jiwa, 124 unit rumah, 3 unit sarana Pendidikan dan 1 unit rumah ibadah.

“Bencana banjir di Kabupaten Kapuas yang terdampak 16 desa di 4 kecamatan,” kata Panahatan Sinaga, di Kuala Kapuas, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga :  Ben Brahim Sampaikan LKPJ Bupati Kapuas TA 2021

Panahatan melanjutkan adapun 16 desa dari 4 kecamatan yang terdampak banjir di antaranya yaitu, Kecamatan Kapuas Hulu ada 4 Desa yakni Desa Barunang II, Sei Hanyu, Supang dan Hurung Tampang.

Kecamatan Pasak Talawang yang terdampak banjir ada 10 desa yaitu, Desa Jangkang, Dandang, Kaburan, Hurung Kampin, Tumban Tukun, Tumbang Nusa, Tumbang Diring, Sei Ringin, Batu Sambung dan Balai Banjang.

Baca Juga :  Dishub dan Polres Kotim Diminta Tindak Truk Masuk Dalam Kota

Kemudian, di Kecamatan Kapuas Tengah ada 1 desa yang terdampak banjir yaitu, Pujon dan Kecamatan Mandau Talawang ada di Desa Jakang Masaha yang terdampak banjir.

“Kondisi saat ini banjir mulai surut. Debit air tidak lagi menggenangi rumah warga, hanya sebagian jalan daerah rendah yang masih tergenang. Hanya saja yang tinggi debit airnya, masih terjadi di 3 desa yakni Desa Kaburan, Jangkang dan Pujon Kecamatan Kapuas Tengah, dengan tinggi debit air sekitar 10 sampai 20 centimeter,” terangnya.

Baca Juga :  Bupati Mura Tinjau Sejumlah Daerah Terdampak Banjir

Panahatan Sinaga menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya di daerah Hulu Kapuas, untuk tetap selalu waspada. “Dengan masih tingginya curah hujan, sewaktu-waktu banjir susulan mungkin saja terjadi. Kita semua harus tetap waspada,” tutupnya. (sri/red4)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA