oleh

120 Ribu Bibit Ikan Ditebar di DAM Trinsing

MUARA TEWEH – Sebanyak 120 ribu bibit ikan, ditebar ke DAM Trinsing, di Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut), dalam rangka Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6, Kamis (21/11/2019).

Usai menebar bibit ikan, Bupati Barut H Nadalsyah, mengungkapkan, potensi perairan umum di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan sangat luas, berupa sungai, danau, rawa, dan irigasi yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis usaha perikanan.

Baca Juga :  Mahasiswa UPR Apresiasi Kepedulian Alumni

Restocking (penyetokan ulang), merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebarkan di perairan umum. Dan hal itu sesuai dengan arahan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, yang mengarahkan agar setiap daerah memperkaya sumber ikan di sumber air yang ada.

Bupati menuturkan, tujuan penebaran benih ikan digunakan untuk meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan, serta meningkatkan produksi ikan guna pemenuhan gizi bagi masyarakat.

Baca Juga :  Empat Kali Shalat Jumat Berjalan Lancar

Selain itu, meningkatkan kesejahteraan masyarakat atau nelayan melalui peningkatan pendapatan yang merata, dan kesempatan kerja tambahan dari sektor perikanan.

“Ini dilakukan untuk pemanfaatan perairan umum, seperti danau dan rawa yang ada di Barut secara maksimal dengan tetap menjaga agar sumber daya perikanan terus stabil dan berkelanjutan pada anak dan cucu di masa mendatang. Mari kita jaga dan lestarikan perairan umum dari penangkapan ikan yang dilarang (illegal fishing),” ajak H Nadalsyah. (red)

Baca Juga :  Peringati HUT ke-4, KSPM GIBEI UPR Salurkan Donasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BACA JUGA